"Gerrard Layak Gantikan Terry" Spekulasi mulai merebak soal sosok yang bakal menggantikan Terry sebagai kapten Inggris.


VIVAbola - Federasi Sepakbola Inggris (FA) telah mencopot jabatan kapten John Terry di tim nasional Inggris. Bek Chelsea itu tersandung kasus rasisme terhadap bek Queens Park Rangers, Anton Ferdinand, pada lanjutan Premier League Oktober 2011 lalu.

Spekulasi pun mulai merebak soal siapa yang akan menjadi kapten tim yang diarsiteki Fabio Capello itu di Piala Eropa 2012. Kandidat terkuat saat ini adalah Steven Gerrard. Pemain Liverpool ini dijagokan akan jadi kapten Inggris seperti yang terjadi di Piala Dunia 2010.

Mantan pelatih Inggris, Graham Taylor, menilai Gerrard menjadi sosok yang paling layak untuk menggantikan John Terry menyandang ban kapten Three Lions.

"Gerrard pernah menjadi kapten Inggris sebelumnya. Dan saya berharap Fabio Capello dapat memberikan ban kapten kepadanya. Kalau dia mampu mengembalikan performa terbaiknya, saya pikir saya akan memilihnya jika saya menjadi pelatih," ujar Taylor kepada BBC Sport.

Walau Gerrard absen membela Inggris dalam 14 bulan terakhir, sulit untuk mencari pemain lain yang lebih layak. Wayne Rooney dan Rio Ferdinand sudah keluar dari "persaingan". Nama pertama tak bisa main di dua pertandingan awal Inggris di Piala Eropa, Sedangkan Ferdinand secara verbal sudah menolak jadi kapten.

Setelah Gerrard, ada juga spekulasi yang mengatakan jika ban kapten Inggris dapat dipercayakan kepada kiper Manchester City, Joe Hart. Namun, Taylor menolak wacana tersebut.

"Meskipun saya memahami argumen bahwa penjaga gawang layak menjadi kapten karena mereka mampu melihat seluruh situasi di atas lapangan, tapi saya tidak begitu menyukainya," papar Taylor.

"Posisi kiper terlalu jauh dari rekan-rekan tim sehingga sulit untuk membawa pengaruh di lapangan," tandasnya.
Homepage: http://bola.vivanews.com/

0 komentar:

Posting Komentar