Penyebab Mata Sembab


Salah satu masalah yang sering dialami perempuan pada bagian matanya adalah kantung mata. Kantung mata, atau yang dikenal dengan mata sembab (puffines), memang sangat mengganggu penampilan. "Biasanya hal ini disebabkan karena kita terlalu lelah dan kurang waktu istirahat," ujar Noor Jumaatun, ahli perawatan kulit dari Malaysia, saat peluncuran produk krim mata di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain dipengaruhi faktor kurangnya istirahat (minimal tidur delapan jam di malam hari), ada beberapa hal yang menurut Noor menyebabkan mata menjadi sembab.

1. Peredaran darah
Mata sembab disebabkan adanya pembengkakan pada kulit sekitar mata. Pembengkakan ini bisa disebabkan karena terganggunya proses peredaran darah di pembuluh darah kulit sekitar mata. "Masalah pembengkakan pada pembuluh darah ini bisa diatasi dengan pijat mata," tukasnya.

Hanya saja, karena daerah sekitar mata memiliki banyak pembuluh darah, maka pijatan juga harus dilakukan dengan lembut. Selain itu, hindari juga memberi tekanan yang terlalu kuat pada bagian mata agar tidak memperkecil risiko pecahnya pembuluh darah. Noor menyarankan untuk menggunakan jari tengah saat memijat, karena memiliki tekanan yang paling pas untuk memijat mata.

2. Konsumsi obat
Mata sembab juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan beberapa bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatan. Obat yang banyak mengandung steroid salah satunya adalah obat tetes mata. Kandungan steroid dalam obat mata bisa memberikan tekanan kuat pada bola mata, dan membuat mata menjadi tegang. Mata yang tegang ini mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah di kulit sekitar mata, dan membuat mata terlihat sembab dan bengkak.

Selain obat tetes mata, steroid juga terkandung dalam beberapa obat lainnya. Dalam beberapa obat, steroid berfungsi sebagai antibiotik dan antiperadangan (pereda nyeri). Agar efeknya tak menyebabkan mata sembab, gunakan obat-obat yang mengandung steroid ini sesuai aturan dokter.

3. Konsumsi garam
Menurut Noor, penyuka makanan asin akan lebih berpotensi mengalami mata sembab. "Ini dipengaruhi sifat garam yang cenderung menyerap air dari dalam tubuh, dan mengumpulkannya di area bawah mata," jelasnya. Dalam satu hari, batas maksimal konsumsi garam berkisar satu sendok teh garam.

Sebenarnya garam bisa digunakan untuk menghilangkan mata sembab. Caranya dengan mengompres mata menggunakan larutan garam.
homepage:http://female.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar