Manfaat Dari Soda Kue


Siapa yamg tak kenal soda kue (baking soda)? Sebagian besar orang mengenalnya sebagai bahan pengembang makanan, khususnya untuk kue dan roti. Komponen dalam soda kue mengandung sodium bikarbonat murni (NaHCO3). Kandungan tersebut mempunyai sifat mengeluarkan gas karbondioksida (CO2).

Soda kue yang dicampurkan dengan bahan cair dan mengandung asam akan timbul reaksi kimia yang menghasilkan gelembung-gelembung karbondioksida. Gelembung-gelembung tersebut akan semakin bertambah ketika adonan mendapatkan suhu yang tinggi. Itulah sebabnya kue dan roti dapat mengembang.

Namun taukah soda kue mempunyai kegunaan lainnya? Tidak hanya untuk makanan, tetapi juga untuk keperluan yang lain. Berikut ini berbagai kegunaan yang dapat dioptimalkan dari soda kue. 

PENGHILANG BAU
Soda kue mampu menetralkan bau asam sehingga dapat digunakan sebagai penghilang bau. Anda yang mempunyai vacum cleaner, sering kali menimbulkan bau teak sedap karena kotoran yang tersimpan tidak dibersihkan dengan tuntas. Campurkan beberapa sendok soda kue kedalam kantong vacun cleaner.
Jika bau tak sedap menempel pada kain, campurkan 4 sendok makan soda kue di dalam 4 liter air. Bahkan bau tak sedap yang berasal dari sampah pun dapat dihilangkan dengan meletakkan semangkuk soda kue didalamnya.

PEMBERSIH
Contoh lain pemanfaatan soda kue adalah membersihkan dasar panci atau wajan yang berwarna hitam. Caranya, gosokkan soda kue dibagian yang hitam. Setelah tampak bersih , bilas bagian tersebut dengan air hingga bersih.
namun, jika ingin menghilangkan noda lemak yang menempel di permukaan perabot dapur, buatlah pasta kental dari soda kue dengan sedikit air. Gosoklah bagian yang berlemak dengan kain basah yang telah dicelupkan ke dalam pasta. Setelah digosok dengan kain basah, segera bersihkan degan menggunakan kain kering.

MEREDAKAN SAKIT PERUT
Manfaat soda kue ternyata tak hanya untuk perabot rumah tangga. Di bidang kesehatan, bahan dapur ini mampu membantu meredakan penyakit maag dan kembung. Caranya, larutkanlah satu sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Niscaya tubuh menjadi sehat alami. (dikutip dari kompas klasika) 

0 komentar:

Posting Komentar