Tips Agar Barang Selalu Rapi


Agar rapi, di dalam rumah perlu dibuat penyimpanan yang efisien. namun selain itu, perilaku pun harus diubah. Ada rumus kerapian yang dikenal dengan 5R. Rumus 5R ini sesungguhya berasal dari filosofinegara jepang tentang HOUSE KEEPING, yang selalu dikampanyekan di dalam perusahaan oerusahaan besar. Namun kelima prinsip itu juga sangat mungkin bila diaplikasikan oleh setiap anggota keluarga di rumah.

RINGKAS dalam hal ini berarti barang yang ada adalah benar benar baradang yang dibutuhkan saja. Hindari menumpuk barang yang "kurang penting" agar ruangan tidak penuh. isilah ruang dengan perabotan yang efisien dan fungsional. bahkan jika memungkinkan yang multifungsional.

RAPI berarti bisa mencari sesuatu secepat mungkin. Untuk itu perlu dibuat pengelompokan barang. Ada dua prinsip pokok pengelompokan barang yaitu berdasarkan bentuk termasuk jenis benda misalnya buku dengan buku, warna, dan ukuran yang sama. yang kedua berdasar pada fungsinya, misalnya alat alat olahraga, alat alat pembersih seperti pembersih kaca, lantai, atau mobil.

RESIK artinya bersih. partikan barang atau perabot rumah tangga selalu ada dalam keadaan bersih. Meski tertata rapi jika berdebu, rumah akan tampak kusam dan tidak sedap dipandang. Tergantung jenisnya, bersihkan tiap perabot secara teratur, baik setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali.

RAWAT berartu setiap penghuni wajib menjaga agar barang barang tetap rapi. Setelah memakai barang tertentuseseorang harus berdisiplin untuk menyimpan kembali pada tempatnya. Tempat penyimpanan tersebut juga harus selalu bersih dan tidak lembabsehingga terhindar dari binatang pengganggu ( tikus, kecoa, rayap)

RAJIN, disiplin dan membiasakan diri melakukan keempat hal diatas tanpa menjadi beban. Jadi setiap penghuni tidak  boleh malas dalam mengelola barangnya masing masig. Tidak lagi menggantungkan pada satu orang saja (biasanya ibu atau pembantu). Menyimpan barang pada tempatnya adalah tanggungjawab setiap penghuni.
Homepage: Kompas Klasika

0 komentar:

Posting Komentar