Tips Agar Konsentrasi Tidak Buyar Pada Saat Bekerja


Gara-gara sulit mempertahankan konsentrasi selama bekerja, beragam pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari tak kunjung selesai. Akibatnya, harus membawa pulang sebagai pekerjaan rumah. Efeknya lagi, waktu istirahat Anda pun berkurang.

Daya konsentrasi memang dapat berdampak positif pada banyak hal, seperti penguasaan situasi, efisiensi, dan penyelesaian masalah. Sayangnya, kerap kali sulit menghindari menurunnya daya konsentrasi. Padahal jika pekerjaan tak bisa selesai sesuai permintaan, tentu mempengaruhi performa kerja, bukan? Tenang, ada beberapa cara untuk mengatasi, seperto berikut ini:

1. Jauhi beragan gangguan. Gangguan suara adalah hal yang paling sering dijumpai di kantor. Apabila terganggu mendengarkan suara percakapan orang -orang disekitar Anda, memasang musik kesayangan dengan menggunakan earphone. Apabila hal ini tetap tidak membantu, tak ada salahnya meminta bantuan teman-teman yang sedang bercakap-cakap untuk menurunkan volume suaranya.

2. Fokuskan pikiran. Jangan campurkan masalah emosi dan yang diluar pekerjaan dengan urusan pekerjaan. Hal ini memang sulit dilakukan, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Utuk membantu fokus dengan pekerjaan, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu berdasarkan urutan prioritasnya. Buat target untuk diri sendiri, Dengan demikian Anda bisa lebih terpacu untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan fokus dengan yang sedang dikerjakan.

3. Usir rasa bosan. Inilah salah satu biang keladi menurunnya daya konsentrasi. Biasa setelah bekerja terlalu lama, rasa bosan tiba-tiba menyelinap dan membuat konsentrasi terpecah. Oleh karena itu sebaiknya beristirahatlah setiap satu jam sekali dan lakukan kegiatan yang menyegarkan.

4. Berpikir positif. Pekerjaan yang menumpuk kerap kali membuat diri grogi terlebih dulu dan merasa diri tak mampu mengerjakannya. Sebaiknya buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Karena hanya semakin membuyarkan konsentrasi. Lakukan satu persatu dengan fokus dan yain  pada diri sendiri bahwa mampu menyelesaikannya.
homepage: Kompas Klasika

0 komentar:

Posting Komentar