27 Negara Diminta Waspada Hantaman Tsunami Pacific Tsunami Warning Center memprediksi, tsunami pertama akan menghantam Aceh.

Lokasi Gempa Sumatera versi USGS

Gempa 8,5 skala richter mengguncang perairan dekat dekat Simeuleu, Nanggroe Aceh Darussalam, dan berpotensi menimbulkan tsunami. Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii mengeluarkan perintah waspada kemungkinan tsunami di 27 negara sekitar episentrum gempa.

"Gempa sebesar ini berpotensi menimbulkan tsunami ganas yang mempengaruhi seluruh garis pantai di sepanjang cekungan Samudera Hindia," tulis penyataan Tsunami Warning Center, Rabu 11 April 2012.

Berdasarkan evaluasi, Badan ini meminta pemerintah di 27 negara untuk waspada dan melakukan penanganan yang tepat, termasuk perintah evakuasi.

Negara-negara tersebut adalah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maladewa, Inggris, Malaysia, Mauritius, Reunion, Seychelles, Pakistan, Somalia, Oman, Madagaskar, Iran, Uni Emirat Arab, Yaman, Komoro, Bangladesh, Tanzania, Mozambik, Kenya, KEpulauan Crozet, Kerguelen, Afrika Selatan dan Singapura.

Badan ini memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Negara terakhir yang dihantam tsunami diprediksi adalah Singapura yang diperkirakan tiba pada pukul 23.51.

Semua berita tentang tsunami baca di sini

Homepage: http://dunia.vivanews.com 

0 komentar:

Posting Komentar