Pentingnya Pola Hidup Bersih bagi Anak


Pola hidup bersih sejatinya harys dikenalkan dan dilakukan sejak dini. Orangtua tentunya menginginkan anak mengerti akan kebersihan. Hal ini tak lain karena kebersihan adalah pangkal kesehatan. namun nyatanya tidak mudah mengajarkan hidup bersih kepada anak.

Untuk mengjarkan hidup bersih, anda sebagi orangtua harus tegas, tetapi dengan sabar. perlahan tapi pasti sang anak pasti akan mengerti dan akhirnya akan membawanya menjadi kebiasaan di kemudian hari.
mulailah ajari anak anda dengan contoh. sediakan sapu kecil yang bisa digunakan anak anda untuk menyapu. Sembari menyapu, berinteraksilah dengan anak. Jelaskan tempat-tempat yang sering kotor atau berantakan., ajarkan kepada anak mengenai akibat buruk jika ruangan kotor. Kegiatan menyapu bermanfaat pola untuk membantu merangsang sensor motorik sang anak.

Ajarkan kepada anak anda mulai dari hal kecil. seperti mencuci tangan. Anak usia 2 atau 3 tahun belum mengerti akan perintah cuci tangan. Oleh karena itu, bimbinglah sang anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga sesudah bepergian. berikan contoh terlebih dahulu, lalu ajak anak untuk mengikuti. hal ini dikarenakan pada usia dini, anak cenderung mengikuti apa yang sering dilakukan orangtuanya.
Satu lagi contoh pelajaran sederhana, adalah mengajarkan anak untuk mengganti pakaian seusai bermain. baju yang kotor bisa menyebabkan penyakit dan iritasi pada anak anda.

jangan lupa untuk mengajarkan anak membersihkan sisa kotoran seusai buang air besar dan kecil. hal ini menjadi penting karena sisa kotoran manusia adalah sumber penyakit. jelaskan dan selalu ingatkan dia untuk mengguyur sisa kotoran setalah melakukan buang air besar atau kecil. Ajarkan juga anak untuk membersihkan diri sendiri dari sisa kotoran buang air besar atau kecil.

menyikat gigi juga merupakan hal sederhana, tetapi sangat penting. Selalu ingatkan anak anda untuk menyikat gigi secara teratur , saat mandi pagi, sore, dan sebelum tidur. jangan lupa pula mengajarkan dia untuk selalu mandi pagi dan sore, terutama setelah bermain.

Nah, setelah anak anda terbiasa, jangan tersinggung apabila anak anda yang mengingatkan akan pentingnya osok gigi atau mandi. hal ini karena pelajaran yang anda berikan berarti telah dimaknai dan diterapkan hingga menjadi kebiasaan oleh sang anak.
homepage:kompas klasika

0 komentar:

Posting Komentar