Alasan mengapa Yamaha menghapus Mio di Soul GT Mio identik dengan wanita, sehingga nama Mio dihapus dari generasi penerus Mio Soul ini.

Test Ride Soul GT

Yamaha Indonesia menghapus nama Mio pada generasi penerus Soul. Skutik injeksi kedua Yamaha yang diadopsi dari muschle car, kini hanya memiliki nama Soul GT.

Lalu apa alasan Yamaha menghilang Mio pada skutik ini? Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti menjelaskan sejak pertama diluncurkan Mio memang ditujukan untuk menyasar kaum hawa. Kemudian lahir juga varian untuk wanita dan pria yaitu Mio Soul.

"Tapi belakangan sudah saatnya dibuat skutik khusus untuk pria yakni Soul GT," kata Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti saat peluncuran Soul GT di Jakarta, Sabtu 7 April 2012.

Menurutnya, Mio sangat identik dengan wanita. Alhasil, nama Mio dihapus dari generasi penerus Mio Soul ini. "Ini sesuai dengan desain dan karakter motor yang berotot dan macho. Jadi cocok untuk kaum pria yang ingin tampil beda," ujarnya.

Dyonisius menambahkan, Soul GT diplot untuk menggantikan Mio Soul lawas yang masih menggunakan sistem karburator. Hal ini akan menjadi masa transisi dari karburator ke injeksi. "Otomatis jika sudah migrasi semua ke Soul GT, permintaan pasar untuk Mio Soul generasi karburator akan menurun. Jika sudah tidak ada lagi permintaan, ya tidak akan diproduksi," kata dia.

Sebelumnya, VIVAnews.com mendapatkan kesempatan untuk uji mengendarai Yamaha Soul GT di sirkuit kecil Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 7 April 2012. Stabil, lincah, putaran gas yang ringan, serta minim getaran menjadi poin penting yang paling dirasakan usai mencoba Soul GT.

Seperti kakaknya (Mio J), Soul GT juga mengusung teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), forged piston, dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin. Soul GT yang tanpa embel-embel Mio memang menggunakan rangka dan mesin serupa dengan Mio J.

Ada tiga makna GT, jika dilihat dari sisi target konsumen yaitu lelaki maka GT berarti Gentle. Adapun dari sisi desain motor terinspirasi Muscle Car Modern khas Amerika, GT berarti Grand Tourismo/Grand Touring.

Kombinasi dari ketiga makna itu menjadikan Soul GT terlihat gahar dan menebarkan aura berotot layaknya tunggangan lelaki. Ini bisa terlihat dari lekuk bodi Soul GT dengan garis-garis tegas menggambarkan DNA sport Yamaha. Lihat spesifkasi detail Soul GT di sini.

Soul GT menggendong mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Skutik yang memiliki bobot 93 kg ini mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM yang dirancang lebih irit 30 persen. Adapun konsumsi bahan bakarnya diklaim rata-rata total 51,9 km/liter--berbeda dengan konsumi BBM Mio J yakni 52 km/liter.

"Memang agak berkurang 0,1 liter meskipun mesinnya sama. Karena Soul GT lebih berat 1 kg ketimbang Mio J," kata Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin pada kesempatan yang sama.

Soul GT memiliki tujuh pilihan warna yaitu Fighting Red, Masculine Blue, Lightning Green, Sirius Black, Lunar White serta dua warna baru Deep Purple dan Amor Bronze. Yamaha memasarkan Soul GT dengan banderol harga Rp13.900.000 untuk on the road Jakarta dan sekitarnya. Yamaha menargetkan penjualan Soul GT sebanyak 30-35 ribu unit per bulan.
Homepage: http://otomotif.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar