Obat Dapur untuk Empat Keluhan Kesehatan Gigi terasa nyeri, cobalah mengunyah dua buah cengkih.


Jahe untuk sakit kembung

Sesak napas, sakit gigi, dan perut kembung memang mengganggu. Keluhan ini bisa dialami siapa saja. Tapi, sebelum mengonsumsi obat untuk meredakannya, cobalah tengok dulu dapur Anda.

Beberapa bahan alami diketahui bisa mengurangi keluhan tersebut. Tak ada salahnya dicoba, bukan?

1. Sesak nafas
Obat alami: Cabai, paprika, merica

Bisa dipicu oleh udara dingin, infeksi sinus, alergi atau parfum yang menyengat. Cobalah mengonsumsi makanan pedas yang mengandung banyak cabai. Capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai, diketahui bisa melebarkan pembuluh darah di hidung, yang membantu meredakan hidung tersumbat. Anda juga bisa mengonsumsi makanan pedas lain yang mengandung wasabi.

2. Sakit gigi
Obat alami: Cengkih

Gigi terasa nyeri dan belum sempat ke dokter gigi? Cobalah mengunyah dua buah cengkih. Seperti dilansir Prevention, menurut penelitian tim dari University of California, Los Angeles, mengunyah cengkih bisa mengurangi nyeri pada gigi dan gusi.

Itu karena cengkih mengandung senyawa alami yaitu eugenol, yang bersifat sebagai obat bius dan bisa membunuh bakteri-pembunuh. Selalu simpan cengkih di tempat yang kering dan gelap. Hal ini agar tak berjamur dan menghilangkan khasiatnya. Jadi, saat dijadikan "obat", daya kerjanya juga tetap efektif.

3. Perut Kembung

Obat alami: Jahe

Mual dan kembung, dua keluhan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe. Olah jahe menjadi minuman hangat atau dingin, sesuai selera. Menurut penelitian dari Central Food Technological Research Institute, jahe juga bisa menguatkan pencernaan Anda.

Jahe mengandung dua bahan aktif, gingerol dan kurkumin. Keduanya bisa secara cepat memecah protein dan lemak dan membantu melarutkan gelembung gas. Termasuk, mencegah kejang otot yang menyakitkan di dinding usus.

4. Cegah nyeri haid
Obat alami: Semangkuk kacang-kacangan rebus dan segelas susu rendah lemak.

Jenis kacangnya bisa kacang tanah atau kacang kedelai (edamame). Konsumsilah makanan tinggi serat dan kaya protein satu minggu sebelum haid. Keduanya akan membantu kestabilan kadar gula dalam darah. Ini penting, karena gula darah yang tidak stabil membuat Anda jadi lebih sensitif saat haid.

Penelitian juga menemukan, wanita yang mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan kaya serat, risiko mengalami perasaan sensitif jelang dan saat haid lebih sedikit. Jadi, perhatikan juga asupan Anda jelang datang bulan.

Homepage: http://kosmo.vivanews.com/

1 komentar:

dimdroid mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Posting Komentar