Tips Agar Lemari Es Tetap dingin dan Bersih


Dikota metropolitan berhawa panas seperti jakarta, wajar jika banyak orang menginginkan minuman dingin yang segar. Bahkan jika ada minuman hangat yang segera diminum, tak jarang diberikan es batu atau dimasukkan ke dalam ruang pembeku lemari es. Padahal memasukkan makanan atau miinuman panas ke dalam lemari es sebenarnya kurang baik bagi piranti listrik tersebut.

Lemari es kini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan tidak lagi dianggap barang mewah. Kesibukan kerja membuat kita tidak bisa sering-sering berbelanja makanan dan minuman sehari-hari. Lemari es menjadi jalan keluar karena dapat menjaga makanan dan minuman tetap segar eski disimpan dalam hitungan hari. Namun, kerap kali kita menggunakan lemari es bukan untuk fungsi yang semula.

Lemari es memang bukan alat mendinginkan maknan atau minuman yang masih panas. Cara tersebut dapat mengurangi kemampuan lemari es untuk mendinginkan. Oleh karen itu jika ada makanan atau minuman yang hendak disimpan dalam lemari es,pastikan makanan atau minuman tersebut tidak dalam keadaan panas. Jika perlu, dinginkan dulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Kebiasaan lain yang juga dapat mengurangi kemampuan pendinginan ialah membiarkan lemari es terbuka terlalu lama. Sering terjadi, misalnya mengeluarkan daging dari ruang pembeku dan langsung merendamnya tanpa menutup lemari es lebih dahulu.Atau mungkin anda masih ingin mengambil sayuran sehingga membiarkan pintu lemari es tetap terbuka. Ada baiknya sesudah mengambil sesuatu, anda menutup lemari es terlebih dahulu. Anda tidak akan membuang waktu terlalu lama jika sekedar untuk membuka lemari es lagi.

Bermacam bahan makanan yang dijejalkan ke dalam lemari es dapat menimbulkan bau  kurang sedap, apalagi jika ada makanan yang sudah terlalu lama disimpan. Oleh karen itu biasakan untuk secara teratur membersihkan lemari es anda. Keluarkanlah makanan yang sudah terlalu lama disimpan dan tidak dipergunakan lagi agar tidak mencemari makanan lainnya.

Aturlah penempatan makanan dan minuman sesuai tempatnya, jangan dicampuradukkan. Selain memudahkan untuk mengambil bahan makanan yang diperlukan , dengan cara ini makanan Anda pun tidak akan tercemar jika ada bahan makanan lain yang rusak atau bau.     

0 komentar:

Posting Komentar