'Kencan' Singkat dengan Soul GT Dari beberapa kelebihan itu, Soul GT memiliki sedikit kelemahan.

Yamaha Soul GT

Soul GT menjadi jagoan terbaru Yamaha di pasar motor skutik tanah air. Motor matik yang mengadopsi mushle car khas Amerika ini tidak hanya memiliki desain yang macho dan sporty, namun juga lincah serta gesit ketika dikendarai.

VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk uji mengendarai Yamaha Soul GT di sirkuit kecil Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 7 April 2012. Untuk merasakan perbedaan diawali dengan menjajal Mio Soul sebanyak dua lap. Setelah itu, barulah kesempatan untuk menunggangi Soul GT.

Stabil, lincah, putaran gas yang ringan, serta minim getaran menjadi poin penting yang peling dirasakan usai mencoba Soul GT. Putaran bawah Soul GT memang dibuat lebih responsif dan soft. Sehingga tidak perlu membetot gas terlalu dalam untuk menghasilkan putaran mesin yang bertenaga.

Dengan sentuhan gas sedikit saja, Soul GT bisa langsung ngacir. Tenaga yang besar diimbangi dengan suspensi yang cukup empuk. Alhasil, pengendara semakin mudah untuk bermanuver. Kenyamanan semakin terasa dengan minimnya getaran pada bodi dan mesin ketika berada di kontur jalan yang rusak.

Dari beberapa kelebihan itu, Soul GT memiliki sedikit kelemahan. Bodi dan tarikan yang ringan membuat handling tidak terlalu stabil ketika melahap beberapa tikungan. Ini berbeda dengan Mio Soul yang memiliki handling lebih stabil karena bobotnya lebih berat, meski tarikan kurang mumpuni.

Seperti kakaknya (Mio J), Soul GT juga mengusung teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), forged piston, dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin. Soul GT yang tanpa embel-embel Mio memang menggunakan rangka dan mesin serupa dengan Mio J.

Ada tiga makna GT, jika dilihat dari sisi target konsumen yaitu lelaki maka GT berarti Gentle. Adapun dari sisi desain motor terinspirasi Muscle Car Modern khas Amerika, GT berarti Grand Tourismo/Grand Touring.

Kombinasi dari ketiga makna itu menjadikan Soul GT terlihat gahar dan menebarkan aura berotot layaknya tunggangan lelaki. Ini bisa terlihat dari lekuk bodi Soul GT dengan garis-garis tegas menggambarkan DNA sport Yamaha. Lihat spesifkasi detail Soul GT di sini.

Soul GT menggendong mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Soul GT memiliki tujuh pilihan warna yaitu Fighting Red, Masculine Blue, Lightning Green, Sirius Black, Lunar White serta dua warna baru Deep Purple dan Amor Bronze. Yamaha memasarkan Soul GT dengan banderol harga Rp13.900.000 untuk on the road Jakarta dan sekitarnya.
Homepage: http://otomotif.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar