Tips Aman Menggunakan Ponsel di Jalan Raya


Mengemudi kendaraan di jalan raya membutuhkan konsentrasi. Apalagi ibukota yang acap macet dan semrawut. Tingkah pengguna jalan yang kerap tidak sabar dapat membuat pengemudi yang tidak awas terkena celaka.

Dalam kondisi demikian, sangat tidak bijaksana melakukan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi, yang banyak dilakukan adalah menggunakan ponsel saat mengemudi. Entah karena benar-benar penting, banyak pengemudi mengabaikan masalah keselamatan dan segera mengangkat ponsel yang berdering.

Meski tidak sepenuhnya aman, salah satu alternatif yang mengurangi resiko bertelepon saat mengemudi  adalah menggunakan handsfree. Sesuai namanya setidaknya menggunakan aksesori ini membebaskan tangan dari keharusan memencet mencet tombol telepon.

Fungsi lain umumnya handsfree juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik. Selain itu, handsfree juga membantu pengguna untuk menghindari efek radiasi gelombang elektromagnetik.

Kebanyakan ponsel sudah dilengkapi handsfree sebagai aksesori standar. Namun jka tidak puas, Anda dapat mempertimbangkan handsfree lain, sejauh kompatibel dengan ponsel. Berikut ini hal-hal yang patut dipertimbangkan saat hendak memilih handsfree untuk ponsel.

Bentuk earphone, Aksesori ini akan maksimal jika nyaman digunakan. Pilih ukuran earphone handsfree sesuai dengan ukuran telinga. Tidak ada cara lain untuk merasakan apakah handsfree sudah pas dan nyaman di telinga, kecuali mencobanya langsung.

Speaker dan kualitas suara. Kualitas speaker yang baik akan menghasilkan suara sempurna. Jangan mudah terperdaya dengan tulisan stereo, double speaker, atau apaun yang tertera dalam kemasan. Sekali lagi, mencoba adalah rumus yang palig ampuh.

Ketebalan kabel. Sepintas bentuk handsfree terlihat sama saja. Namun, perhatikan ketebalan kabel tersebut. Ukuran ketebalan ini menkadi penting karena aliran elektrik dalam sebuah kabel akan menentukan kualitas suara yang dihasilkan sebuah handsfree. Pastikan permukaan luar kabel ukup tebal untuk melindungi kabel halus di dalamnya. 

Penggunaan. Berapa lama handsfree anda akan bertahan dan brfungsi dengan baik, sangat tergantung dari cara pemakaian dan penyimpanannya. Menggulung kabel ketika handsfree akan disimpan memang cara paling mudah. Namun pastikan kabel tidak ditatik sekuat tenaga. (kompas klasika)

0 komentar:

Posting Komentar