Kembali Gempa Aceh Mencekam, Sirine Meraung Adzan Menggema Kepanikan terjadi di mana-mana. Warga trauma tsunami Desember 2004 terulang.

Peta gempa Aceh 8.5 SR

Gempa 8,5 skala richter di wilayah Sumatera, Rabu 11 April 2012, menyebabkan kepanikan luar biasa di kalangan warga Aceh. Gempa itu dirasakan sangat keras di kawasan ujung barat Indonesia ini.

Warga khawatir gempa itu disusul gelombang tsunami. Warga tumpah ruah ke jalanan. Mereka berbondong-bondong menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. Akibatnya, jalanan menuju dataran yang tinggi mengalami kemacetan parah.

Gempa juga menyebabkan listrik padam. Serine meraung, dan suara adzan bergema di mana-mana. Warga panik, mereka trauma dengan musibah tsunami 26 Desember 2004 yang menewaskan ratusan ribu manusia.

Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB, lokasi gempa berada di 2.31 Lintang Utara dan 92.67 Bujur Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Sementara itu, berdasarkan peringatan BMKG, peringatan tsunami diberlakukan di lima daerah, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Semua berita soal gempa Aceh baca di sini

Homepage: http://nasional.vivanews.com/ 

0 komentar:

Posting Komentar