Tips Agar French Fries Awet Renyahnya


Kentang goreng (french fries) pasti disukai oleh seluruh keluarga. Selain bisa membeli kentang goreng dalam bentuk beku (frozen), banyak orang yang juga iseng
membuat kentang goreng sendiri di rumah. Namun, biasanya kita menemukan problem khas ketika menggoreng kentang: garingnya tidak tahan lama.

"Masalah yang dihadapi saat membuat kentang goreng ini adalah teksturnya yang cepat 'basah' dan lemas setelah beberapa waktu," tukas Chef Billy Kalangi, dalam cooking demo di acara Sedap Mighty Culinary di Hall Basket Senayan, Minggu (24/6/2012) lalu.

Chef Billy mengungkapkan, rahasia kentang goreng yang gurih dan renyah terletak pada penambahan tepung sebelum digoreng. "Kentang memiliki kadar air dan pati yang sangat tinggi sehingga dalam beberapa jam saja kentang ini akan menjadi lemas dan tak garing lagi," tambahnya.

Untuk membuatnya menjadi garing lebih lama dan tidak lemas, potong kentang menjadi sebesar jari. Kemudian cuci sampai bersih, dan tiriskan. Siapkan tepung maizena dan campur dengan garam halus secukupnya. Gulirkan irisan kentang yang sudah ditiriskan dari air, diamkan sampai maizena ini menempel semua dan meresap ke dalam kentang.

"Awalnya lapisan tepung ini akan membuat permukaan kentang menjadi putih. Namun lama-kelamaan akan terserap dan kentang terlihat basah kembali," ujarnya. Setelah kentang terlihat basah kembali maka kentang siap digoreng dengan minyak yang banyak.

Billy mengungkapkan bahwa kandungan tepung maizena ini akan menyerap kadar air dan pati dari kentang sehingga kentang bisa kering lebih lama dan lebih renyah.
homepage:http://female.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar