Honda Dominasi Pasar Skutik Indonesia


PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan, di akhir semester pertama 2012 ini mereka berhasil meningkatkan pangsa pasar sepeda motor domestik sebesar 56,8 persen dibandingkan tahun 2011 yang hanya mencapai 51,8 persen.


Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda terjadi hampir di semua segmen, terutama jenis skutik. AHM mencatat pangsa pasar skutik mencapai 64,7 persen melalui angka penjualan 1.409.337 unit. Angka itu melonjak 31,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang penjualannya hanya mencapai 1.075.336 unit atau 53,2 persen dari pangsa pasar yang ada.

Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan, pertumbuhan skutik Honda tidak lepas dari animo masyarakat terhadap varian skutik Honda yang modern, stylish, powerful, hemat bahan bakar, dan dilengkapi fitur safety yang tidak dimiliki skutik lain. Belum lagi sebagian besar skutik Honda sudah dilengkapi teknologi PGM-FI terbaru dari Honda.

“Skutik sedang menjadi tren. Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan konsumen yang telah memilih skutik Honda untuk alat transportasi. Kami berkomitmen untuk terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik untuk konsumen Honda,” kata Thomas dalam rilis yang diterima VIVAnews, Sabtu 14 Juli 2012.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada periode Januari-Juni 2012, penjualan sepeda motor di pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit.

Dalam kondisi pasar yang melemah ini, AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan, yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881 unit.

Di segmen skutik, Honda bahkan tercatat sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati peningkatan pertumbuhan pasar sebesar 7,6 persen, dari 2.022.228 unit pada semester pertama 2011 menjadi 2.176.634 unit di tahun 2012.

Sejumlah model skutik yang dipasarkan AHM saat ini di antaranya Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.

Sementara di segmen motor bebek, AHM juga berhasil meningkatkan pangsa pasar melalui beberapa line-up andalan seperti Honda Supra X 125, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Absolute Revo, dan Honda New Blade.

Di segmen motor bebek tersebut, pangsa pasar Honda tercatat meningkat menjadi 58,3 persen setelah mengantongi angka penjualan 609.932 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek hanya 56,1 persen.
http://otomotif.news.viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar