Top WordLens, App Untuk Alih-Bahasa Berbasis Foto

Berada di sebuah negeri asing, bahasa sering kali menjadi kendala. Tapi sekarang, sudah banyak aplikasi di smartphone yang memudahkan Anda saat menghadapi kendala bahasa.

Salah satunya adalah WordLens. Applikasi untuk Android dan iPhone ini didesain untuk mengenali teks dalam berbagai bahasa, kemudian dialih-bahasa ke Bahasa Inggris. Teks itu sendiri bisa diambil melalui kamera ponsel, yang kemudian akan dikenali secara otomatis.


Mengutip laman Daily Mail, setidaknya WordLens mengenali bahasa Perancis, Spanyol, dan Italia. Aplikasi ini masih kesulitan mencerna bahasa yang terbilang asing seperti Yunani, apalagi yang tertulis dalam aksara Latin.

WordLens menggunakan teknologi yang mampu mengenal teks dalam kata atau kalimat. Setelah itu, aplikasi translasi akan melakukan alih bahasa secara otomatis.

Prinsip kerjanya seperti perpaduan aplikasi Google Goggles yang mampu mengenal teks, dengan Google Translate yang mampu melakukan alih bahasa.

Aplikasi ini sudah tersedia untuk iPhone selama 18 bulan terakhir. Tapi kini aplikasi ini sudah berkembang juga di Android, dan mengembangkan diri untuk mengenali berbagai bahasa.

Menariknya, aplikasi ini mampu mengenali kata dan kalimat dengan grammar dan struktur kalimat yang tepat. Meski pun tidak sempurna, setidaknya alih bahasa yang dilakukan mudah dipahami.

0 komentar:

Posting Komentar