Pendiri Apple Berkomentar Potensi Teknologi RI


Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple, melihat potensi teknologi di Indonesia cukup bagus. Sebab, teknologi di Indonesia didukung dengan pertumbuhan ekonomi yang sehat.


Wozniak sangat antusias ingin melihat hasrat para pelaku bisnis teknologi di Indonesia. Meski begitu, Woz mengaku tak begitu mengetahui secara detail soal perkembangan teknologi di Indonesia.

"Saya ingin melihat bagaimana kolaborasi antara teknologi, inovasi dan bisnis," ujarnya dalam konferensi pers di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin 16 Juli 2012.

Woz mengatakan, dalam seminar inovasi yang akan diselenggarakan besok, dia akan lebih banyak berbagi pengetahuan tentang inovasi, kreativitas dan bagaimana mewujudkan kedua hal tersebut menjadi nyata dalam bisnis. "Karena ini merupakan hal yang paling sulit bagi orang-orang," katanya.

Terkait dengan hak paten, ia juga mengatakan dibutuhkan sistem yang kuat sebagai sebuah jaminan dalam berinovasi. Ia mengatakan, di Amerika Serikat, hak paten sudah ada mengingat kompetisi antar produsen perangkat lunak. Tanpa hak paten, menurutnya orang dapat mengklaim apapun.

"Pelaku bisnis muda tidak takut dengan inovasi karena ada aturan tentang hak paten. Ini hal penting sebelum memulai bisnis," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar