Inilah Satwa Bernama Pesohor Dunia

Pakar nomenklatur satwa pada Natural History Museum di London, Dr Ellinor Michel, memperkirakan 17.000-24.000 spesies baru diidentifikasi setiap tahun. Dari jumlah itu, ribuan spesies terdiri dari serangga dan invertebrata, ratusan amfibi, dan sedikit mamalia.

Para ilmuwan penemu itu kemudian memberi nama ilmiah pada temuannya. Sebagian besar mengambil nama berdasarkan

keunikan hewan dan lokasi penemuan. Namun, beberapa memilih nama karena didasarkan penghargaan terhadap seorang tokoh atau pesohor.

"Ilmuwan biasanya tidak memberi nama spesies dengan nama mereka sendiri. Hal itu terlihat sebagai hal arogan dan merusak kehormatan yang diingat anak cucu," ungkap Michel kepada BBC, Kamis (19/7/2012).

Berikut beberapa satwa yang dilekati nama pesohor:

Parasit Bob Marley: Parasit Marley, (Gnathia marleyi), merupakan temuan terbaru. Hewan crustacean ini hidup dengan menempel pada ikan karang di Perairan Karibia. Paul Sikkel, ahli biologi laut pada Arkansas State University, mengatakan, pemberian nama penyanyi legendaries Bob Marley karena rasa hormat dan bangga kepada musik-musik Marley.

Lalat Kuda Beyonce: Lalat kuda asal Queensland, Australia, yang sudah jarang ditemui dinamai penyanyi AS, Beyonce, pada Januari 2012. Ilmuwan Bryan Lessard memberi nama (Scaptia beyonceae), karena sama-sama memiliki rambut keemasan. Pada lalat, rambut itu berada di bagian perut. Penamaan ini untuk memberi penghormatan atas performa Beyonce.

Kukang John Cleese: Aktor dan komedian John Cleese dijadikan nama seekor kukang asal Madagaskar pada tahun 2005. Kukang (Avahi cleesei) yang terancam punah itu diberikan oleh Urs Thalmann. Kehormatan itu diberikan atas jasa John Cleese mempromosikan konservasi alam pada film-filmnya seperti Fierce Creatures.

Kumbang George Bush: Mantan Presiden AS George Bush, Mantan Wapres Dick Cheney, dan Sekretaris Keamanan Donald Rumsfeld dijadikan nama kumbang pada tahun 2005. Quentin Wheeler, satu dari tim peneliti yang menemukan kumbang-kumbang ini, mengatakan, pemberian nama politisi itu tidak terkait kondisi fisik kumbang.

Kumbang Kate Winslet: Artis cantik ini dijadikan nama kumbang (Agra katewinsletae), setelah bermain dalam film Titanic. Terry Erwin, ahli serangga yang menemukan serangga ini, menjelaskan, pemberian nama mengacu pada ancaman punahnya serangga karena deforestasi. "Karakternya (Kate Winslet) tidak tenggelam bersama kapal. Tetapi kami tidak dapat mengatakan apakah juga akan terjadi pada spesies yang tinggal di bawah naungan pohon jika hutan tropis berubah jadi padang rumput," tutur Erwin.

Kumbang Adolf Hitler: Nama pimpinan Nazi Jerman Adolf Hitler dijadikan nama kumbang buta (Anophthalmus hitleri). Kumbang ini ditemukan dalam lima gua lembab di Slovenia. Serangga ini ditemukan kolektor Jerman pada tahun 1933, seorang pengagum Hitler.

Kelinci Hugh Hefner: Seperti lambang tempatnya berkiprah, nama Hugh Hefner dijadikan nama seekor kelinci rawa (Sylvilagus palustris hefneri) yang ditemukan di sebelah tenggara AS. Editor majalah Playboy sekaligus salah satu pimpinan Perusahaan Playboy itu juga dikenal mempekerjakan pelayan dengan kostum kelinci. Hefner mendonasikan uangnya untuk melindungi kelinci yang terancam punah itu.

Kodok Pangeran Charles: Nama Pangeran Charles awal tahun ini dijadikan nama katak pohon karena berjasa dalam perlindungan habitat hutan basah. Katak pohon (Hyloscirtus princecharlesi) ditemukan pertama di Ekuador pada tahun 2008.
http://sains.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar