Digempur Tablet PC, Netbook Masih Berjaya

Ilustrasi 

Asus baru saja memperbaharui lini netbooknya dengan kehadiran seri Eee PC Flare. Belakangan, terdengar kabar pasar netbook akan semakin tergerus dengan kehadiran tablet PC. Namun Asus yakin netbook masih berjaya.

"Belum begitu ada pengaruh tablet untuk kami. Malah pasar netbook naik ya, masih banyak yang beli," kata Juliana Chen, Product & Marketing Manager Asus Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Kamis (22/3/2012).

Menurut Juliana, di luar negeri memang sudah ada kecenderungan tablet PC mulai mengikis pasar netbook. Namun di Indonesia kecenderungan semacam itu belum terjadi. "Tablet di sini masih untuk perangkat pelengkap," sebut Juliana.

Asus sendiri tidak menutup mata terhadap tren tablet PC. Mereka telah mengeluarkan beberapa model seperti Eee Pad Transformer yang memakai sistem operasi Android.

Di sisi lain, upaya Asus untuk bersaing di pasar komputer jinjing Tanah Air mulai terbayar. Vendor asal Taiwan ini mengaku berhasil merangsek ke posisi dua dalam segmen notebook.

"Tahun lalu kita jadi di posisi kedua, padahal tahun sebelumnya masih di posisi tiga," sebut Juliana.

Asus mengutip data biro IDC yang menyebutkan pihak mereka menjual 598.109 unit notebook di tahun 2012. Sedangkan pangsa pasar mereka berada di kisaran 16%. Juliana menolak menyebutkan siapa yang menempati posisi pertama.
homepage:http://inet.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar