Harga Minyak Dunia Kembali Bergejolak Kenaikan harga minyak mentah dunia akibat negara konsumen bakal melepas cadangan mereka.

Pasar minyak mentah dunia

Harga minyak mentah AS di pasar komoditas kembali melonjak setelah sempat melorot US$5 per barel dalam dua sesi perdagangan. Kenaikan harga minyak terjadi karena adanya kemungkinan negara-negara konsumen minyak bakal melepas cadangan mereka.

Seperti dikutip dalam laman Reuters.com, kontrak minyak untuk pengapalan Mei 2012 di NYMEX naik 65 sen ke level US$103,43 per barel. Sebelumnya, harga minyak mentah bertahan di level US$102,78 pada perdagangan Kamis kemarin.

Sementara itu, dari London, Inggris, harga minyak mentah jenis Brent, untuk pengapalan Mei ikut naik 36 sen menjadi US$122,75 per barel. Sepanjang kuartal I-2012, minyak mentah jenis Brent telah naik 14,3 persen.

Rencana pelepasan cadangan minyak mentah negara besar seperti AS, Inggris, dan Prancis mengemuka setelah negara barat memperketat sanksi kepada Iran.

Tak hanya itu, sejumlah anggota International Energy Agency (IAE) juga mendesak agar lembaga tersebut lebih memperkuat koordinasi. Walaupun IAE sudah menegaskan akan langsung merespons jika kondisi pasar minyak dunia meningkat tajam.

"Pasar minyak mentah semakin ketat dalam beberapa bulan," ujar Direktur Eksekutif IAE, Maria van der Hoeven. "Kami seperti yang lainnya, sangat memperhatikan dampak dari tingginya harga di tengah perbaikan ekonomi global yang masih rapuh."


Homepage: http://bisnis.vivanews.com/

0 komentar:

Posting Komentar