Telkomsel Uji Mini BTS 3G untuk Rumah & Kantor


Telkomsel telah merampungkan uji coba implementasi jaringan 3G melalui Femtocell. Ini merupakan stasiun pemancar selular yang kecil (Mini BTS 3G) yang beroperasi di spektrum berlisensi dan biasanya dirancang untuk digunakan di rumah atau kantor.

Ricardo Indra, Head of Corporate Communications Division mengatakan, Femtocell adalah sebuah perangkat jaringan yang berbasis teknologi 3G untuk memperluas coverage di dalam bangunan, sehingga mendapatkan akses komunikasi tak terbatas.

"Penggunaan Femtocell dilakukan pada area residential seperti perumahan, high rise building, apartemen dan lainnya, juga di daerah central business district, untuk mempercepat akses komunikasi bisnis (enterprise segment)," tukasnya, dalam keterangan tertulis.

Femtocell menggunakan jaringan broadband Telkomsel, melalui Digital Subscriber Line (xDSL) atau Hybrid Fiber Coaxial (TV Kabel), dengan desain terkini yang mendukung 2 sampai 4 ponsel aktif dalam pengaturan residential, dan 8 hingga 32 ponsel aktif dalam pengaturan enterprise.

Salah satu pengembangan Femtocell juga memiliki beberapa kapabilitas value added service seperti home monitoring yang berfungsi sebagai detektor untuk memberikan informasi mengenai situasi di rumah melalui sms atau video yang dikirimkan kepada pelanggan yang tidak berada di tempat.

Manfaat Femtocell antara lain meningkatkan kualitas jaringan yang dihasilkan ketika berada dalam rumah/bangunan. Selain itu juga mampu melakukan ekspansi jaringan di tempat yang tepat dengan tambahan sel dan peningkatan kapasitas, serta akurasi lokasi di mana aktivitas pelanggan berada.

Dalam pengembangan layanan Femtocell selanjutnya, pelanggan akan dapat dengan mudah menginstal Mini BTS 3G ini, sekaligus mengoperasikannya sendiri secara langsung serta mendapatkan kecepatan akses yang diinginkan.

Hanya saja ujung-ujungnya, dengan alasan untuk memaksimalkan deployment konvergensi perangkat 3G makro dengan Femtocell (3G mikro), Telkomsel membutuhkan penambahan bandwidth frekuensi karena apabila hanya mengandalkan frekuensi existing maka akan ada potensi gangguan pada 3G makro yang ada.

Saat ini Telkomsel memiliki 9.500 Node B atau BTS 3G dan tahun 2012 akan menambahkan BTS 3G sekitar 40% dari existing BTS 3G sebelumnya, dengan 27 Serving GPRS Support Node (SGSN) dan 10 Gateway GPRS Support Node (GGSN) yang telah ada.
homepage:http://inet.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar