tempe mendoan??? hemmm ...


Tempe Mendoan

Lauk khas Jawa Timur ini sangat pas disajikan dalam keadaan hangat. Enak untuk cemilan ataupun lauk makan. Sangat mudah membuatnya. Bahannya pun bisa diperoleh di pasar tradisional maupun di supermarket.
Bahan-bahan yang diperlukan adalah, 300 gram tempe (iris tipis 10×15cm), 2 batang daun bawang (iris halus), 100 gram tepung beras, 1 sendok makan tepung terigu, 125 ml air, dan minyak goreng secukupnya. Untuk bumbu halusnya, siapkan 2 siung bawang putih, 1 butir bawang merah, merica bubuk secukupnya, 1 sendok teh ketumbar bubuk, garam secukupnya. Haluskan seluruh bahan bumbu halus, sisihkan.

Cara membuatnya.Pertama, campurkan tepung beras, terigu, bumbu halus, aduk sambil tambahkan air sedikit demi sedikit sampai menjadi sebuah adonan, baru kemudian masukan daun bawang, aduk rata kembali. Ambil tempe yang telah diiris, celupkan tiap tempe ke dalam adonan tepung. Sebelumnya panaskan minyak dalam wajan. Masukkan tempe yang sudah dilumuri adonan tepung ke dalam minyak panas. Ingat, tempe mendoan dimasak hanya setengah matang, jadi jangan terlalu lama menggorengnya, cukup sampai adonan tepung beku atau warna tempe agak kekuningan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan cabai rawi.
homepage:http://www.kabarinews.com 
       


0 komentar:

Posting Komentar