Jokowi: Musik Rock Cocok Buat Pemimpin "Musik rock mengandung lirik yang mendobrak. Jadi kalau pemimpin suka lagu mellow, mmm..."

Jokowi mengenakan kaos band metal Napalm Death.

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi berpendapat, musik rock adalah genre musik yang cocok bagi pemimpin. Oleh karena itu buku biografi dirinya yang berjudul ‘Jokowi: Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker’ juga terinspirasi dengan kegemaran dia akan musik rock.

Jokowi bahkan tak jarang menonton konser musik rock yang digelar di tanah air. September 2011 lalu misalnya, ia menyaksikan konser Linkin Park di Gelora Bung Karno, Jakarta. Ia bahkan mengejar konser musik rock cadas, Lamb of God, sampai ke Singapura di sela-sela kesibukannya sebagai Walikota Solo.

Jokowi memang tergila-gila pada musik rock. Ia menilai lirik musik rock memiliki pesan moral tinggi, mulai dari soal lingkungan, korupsi, kemanusiaan, hingga perang. “Di situ ada lirik yang mendobrak. Jadi kalau pemimpin itu suka lagu yang selalu mellow, gimana ya?” kata dia tak menyelesaikan ucapannya.

“Penulis buku saya juga melihat saya senang dengan musik rock, punya koleksi album rock yang banyak seperti Led Zeppelin, Deep Purple, Sepultura,” ujar Jokowi usai peluncuran bukunya di Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Sabtu 30 Maret 2012.

Intinya, tegas Jokowi, musik rock ia anggap cocok sebagai pembaharu dan penyemangat. “Memberikan semangat pada kepala,” seloroh kader PDIP itu.

Meski begitu, Jokowi mengaku tidak akan mengimbau masyarakat untuk mengikuti kegemarannya akan musik rock karena musik adalah selera masing-masing individu. “Ada juga yang mungkin pusing dengerin musik rock pusing,” kata dia,

Penulis buku Jokowi, wartawan senior Yon Thayrun, mengaku hanya membutuhkan waktu selama empat hari guna mengikuti kegiatan Jokowi di Solo untuk dapat menuangkannya dalam buku setebal 246 halaman. Penulisannya sendiri dia lakukan hanya dalam waktu satu minggu.

“Wawancara untuk penulisan buku ini sudah saya lakukan sejak Februari 2012, jauh sebelum Jokowi digembar-gemborkan dalam pencalonan DKI 1,” ujarnya. Menurut Yon, dia memang tertarik dengan kepribadian Jokowi sehingga ingin menulis catatan tentang perjalanan hidup Jokowi.

“Di buku ini, saya hendak menyampaikan pesan tentang kerendahan hati serta cara melayani masyarakat melalui cara memimpin Jokowi,”
homepage:http://metro.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar