Roy Suryo: Test Drive, Mobil Esemka Nyaman Roy Suryo mengungkap, dengan 1 liter BBM, mobil Esemka bisa menempuh 8-12 kilometer.


Anggota DPR Roy Suryo mengaku puas dengan performa mesin mobil Esemka, hasil karya siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) asal Solo. Roy menjajal kemampuan mobil ini selama test drive dari Solo ke Jakarta.

"Selama perjalanan tak ada masalah, temperatur, rem, dan handling semuanya lancar," kata Roy kepada VIVAnews, Sabtu 25 Febuari 2012.

Performa mesin dan suspensi mobil Esemka dengan kapasitas 1500 cc, lanjut Roy, cukup nyaman dan sudah cocok untuk jalan dalam kota.

Namun, legislator asal Partai Demokrat ini memberi saran pengembangan pada kapasitas mesin agar lebih bagus. "Kalau untuk luar kota dengan penumpang yang lebih banyak. mobil perlu kapasitas lebih besar agar lebih baik," ujarnya.

Soal bahan bakar, Roy mengaku sempat terkejut saat 1 liter bisa mencapai 8 kilometer, bahkan beberapa kali sempat mencapai 1 liter untuk 12 kilometer. "Secara obyektif kapasitas 1500 cc bisa sampai 1 : 11, ini perlu penyesuaian," ujarnya.

Selama perjalanan test drive, mobil Esemka sempat beristirahat di SMK 2 Kendal, SMK 3 Tegal, hingga tiba di Jakarta pukul 03.30 dinihari tadi.

Sedianya, Walikota Solo Joko Widodo ikut dalam rombongan test drive. Tapi, Joko yang biasa disapa Jokowi berhalang ikut.

Akhirnya, Roy bergantian menyopiri Esemka berplat AD 1 A itu dengan Wakil Walikota, Hadi Rudiyatmo. Mobil Esemka ini sempat dipasang 2 GPS untuk mengetahui tingkat kepadatan selama perjalanan.

Sementara itu, Jokowi belum banyak berkomentar soal uji kendaraan ini, pagi tadi. "Kalau itu tanya sama pak Rudi sama Pak Roy," katanya saat ditemui di Kawasan Fatmawati. Ia hanya mengatakan hari ini akan melakukan kunjungan ke berbagai media.

"Senin besok, uji emisi di Serpong. Kalau selesai, sementara produksi massal 200 unit," katanya. Jokowi sempat berfoto-foto di showroom mobil, sebelum berangkat ke berbagai media.
Homepage: http://otomotif.vivanews.com/

0 komentar:

Posting Komentar