Santa Clara, Smartphone Terbaru Besutan Intel Intel dan Lenovo menjadikan pangsa pasar low end sebagai sasaran.


Intel memiliki ambisi menjadi pemain utama dalam ekosistem perangkat mobile. Ambisi ini pun disambut operator mobile asal Perancis, Orange.

Pada Mobile World Congress di Spanyol, Intel dan Orange mengumumkan perangkat baru yang memiliki nama sandi: Santa Clara. Ini merupakan handset pertama Intel untuk pasar Eropa, yang akan diluncurkan oleh Orange.

Ponsel ini akan bergabung dengan beberapa smartphone lain yang telah 'ditanam' teknologi Intel. Lenovo dikabarkan akan menanamkan teknologi ini dalam handset mereka.

Orange mengatakan bahwa nama resmi dan harga perangkat baru ini akan disampaikan saat ponsel ini sudah siap beredar di pasaran.

Perangkat ini dikabarkan menjalankan Android Gingerbread, dan dapat di-upgrade ke Android Ice Cream Sandwich. Smartphone ini akan memiliki bentuk ramping dan performa baik, seperti yang ada di HTC atau LG. Perangkat ini juga ditandai sebagai smartphone yang terjangkau dengan tetap memiliki cita rasa high-end.

Vice President Deputi Orange, Patrick Remy, menyebut rencana ini sebagai sebuah "proses demokratisasi" di tren smartphone. Sebab, smartphone ini ditargetkan untuk mereka yang "hanya mampu bayar tarif kontrak di entry level", dengan kata lain harganya terjangkau.

Orange sendiri akan mengoperasikan pasar mobile di negara maju, seperti Perancis dan Inggris Raya, serta di pasar yang sedang tumbuh, seperti di Afrika.

Sebelumnya Orange telah membuat perangkat di satu dekade lalu, yang berplatform Microsoft. Namun, nasibnya tidak begitu baik saat kehadiran Android.

Pada kuartal kempat 2011, Orange mengatakan telah melampaui 15 persen dari semua smartphone yang terjual. Angka ini naik 7 persen dari kuartal yang sama pada 2010. Hal ini menandakan bahwa harga yang diberikan Orange sudah tepat. Target untuk 2012 yakni tumbuh bahwa secara proporsional lebih dari 20 persen.

Bekerjasama dengan Gigabyte sebagai ODM (Original Device Manufacturer), Santa Clara akan menjadi perangkat yang berperforma tinggi, meskipun haganya rendah.

Perangkat yang berbasis desain teknologi Intel dengan prosesor Atom Z2460 ini akan mendukung HSPA+, mengingat di Perancis dan Inggris Raya belum LTE. Intel dan Orange mengklaim perangkat ini memiliki ketahanan baterai sempurna di performa terbaik. Perangkat ini juga menawarkan video HD, mendukung audio, dan kamera 9 MP.

Tidak hanya perangkat, Orange juga menawarkan layanan lain yang sulit dipromosikan ke iOS atau Android. Ini akan mencakup link cepat ke Orange TV, Daily Motion (Orange memiliki saham 49 persen), Deezer (di Perancis saja), dan sejumlah program film Orange, seperti Orange Wednesdays, Your Orange dan Orange Gestures. | TechCrunch.
Homepage: http://teknologi.vivanews.com/ 

0 komentar:

Posting Komentar