Ternyata Menara Eiffel Pernah Mau Dihancurkan


Paris dan Prancis, sangat identik dengan Menara Eiffel-nya. Rasanya ada yang kurang bila tidak menyebut Menara Eiffel saat menyinggung tentang Prancis. Ya, menara setinggi 324 meter itu, memang sudah menjadi trademark-nya Kota Paris dan Prancis. Bahkan, ia sudah menjadi icon dan kebanggaan warga Prancis.

Menara ini dibangun pada tahun 1887 dan selesai pembangunannya sekitar dua tahun kemudian (31 Maret 1889). Adapun rencana awalnya sudah dimulai sejak 1884. Tujuan awal pembangunannya adalah untuk menyambut perayaan Pameran Dunia dan memperingati Revolusi Prancis. Saat akan didirikan, muncul sejumlah protes keras dan kecaman dari penduduk Paris dan kalangan intelektual. Namun, pemimpin proyeknya, Gustave Eiffel, tetap keukeuh melaksanakannya, dan akhirnya berdiri hingga saat ini.

Namun, tahukah Anda, ternyata Menara Eiffel ini pernah mau dirobohkan pada 1900. Dan itu sudah menjadi keputusan bersama, bahwa setelah Pameran Dunia selesai pada 1900, maka menara akan dihancurkan. Sebab, rakyat Paris tidak menyetujuinya. Dan upaya perobohan it uterus dilakukan, namun selalu menemui kendala. Dan upaya perobohan terakhir adalah saat percobaan transmisi radio di puncak menara.

Andai saja pemancar itu gagal menyiarkan gelombang radio, bisa dipastikan Menara Eiffel itu hanya tinggal kenangan. Namun, siapa sangka, disaat-saat genting itu, justru uji coba siaran dan transmisi radio yang dikendalikan Angkata Bersenjata Prancis, justru berhasil dengan baik, sesaat sebelum pemugaran. Karena keberhasilan itu, maka Menara Eiffel itu pun gagal dihancurkan. Dan sejak saat itu, di puncak menaranya terdapat pemancar siaran dari sejumlah stasiun radio dan televisi, termasuk Canal+. Dan setiap tahun, satu menara tertinggi di dunia ini mampu menyedot pengunjung hampir enam juta jiwa setiap tahunnya.

Sampai sekarang, Menara Eiffel tercatat sebagai menara siaran radio tertinggi ketujuh di dunia, setelah, Menara CN, Toronto, Kanada (553.33 m), Menara TV Kiev, Kiev, Ukraina (385 m), Menara Radio dan TV Riga, Riga, Latvia (368,5 m), Macau Tower, Macau SAR (338 m), Dragon Tower, Harbin, Cina (336 m), Tokyo Tower, Jepang (331m).
Homepage: http://kerendanunik.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar