Barca Bekuk Leverkusen 3-1


Leverkusen - Barcelona membawa pulang kemenangan dari lawatannya ke kandang Bayer Leverkusen di leg 1 Babak 16 besar Liga Champions. Los Cules menang dengan skor 3-1 dan Alexis Sanchez mencetak dua gol.

Alexis membawa Barca unggul di babak pertama sebelum Michal Kadlec menyamakan kedudukan di awal babak kedua. Kemudian Alexis mencetak gol keduanya dan ditutup Lionel Messi.

Dengan kemenangan 3-1 ini, Azulgrana makin besar peluangnya lolos ke perempatfinal karena leg kedua akan dihelat di Camp Nou 7 Maret mendatang.

Jalannya pertandingan

Laga di Bay Arena, Rabu (15/2/2012) dinihari WIB, itu tak banyak melahirkan peluang. Barca masih mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai 78 persen.

Di menit ke-12 Dani Alves punya kesempatan tapi sepakan kerasnya masih melayang di atas mistar. Begitu juga dengan Adriano di menit ke-25 dengan sebuah tembakan kaki kanan, tapi tak menemui sasaran.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan empat menit sebelum turun minum. Alexis yang berhasil merangsek ke pertahanan Leverkusen dengan mudah menceploskan bola ke jala Bernd Leno. Lionel Messi jadi arsitek gol itu dengan umpan terobosannya.

Tujuh menit selepas restart Leverkusen berhasil menyamakan kedudukan. Tandukan Kadlec setelah memenangi duel udara dengan Alexis, mampu menaklukkan Victor Valdes di bawah mistar. Umpan dilepaskan Verdan Corluka melalui sebuah crossing dari sayap kanan.

Tak sampai tiga menit setelahnya, Barca kembali unggul dan Alexis mencatatkan namanya di papan skor lagi. Umpan terobosan Cesc Fabregas diterima Alexis dan usai mengecoh Leno, ia menceploskan bola ke dalam gawang.

Pada menit ke-56 Renato Augusto nyaris membuat Barca kebobolan. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa diredam oleh Valdes.

Di menit ke-63 gawang Barca kembali terancam dan kali ini lewat Gonzalo Castro. Menerima bola di sisi kanan pertahanan lawan, Castro melepaskan tembakan setengah voli yang masih menerpa tiang gawang.

Messi! Di menit ke-72 ia meliuk-liuk di sisi kiri pertahanan Leverkusen dan usai melewati dua pemain lawan, ia tinggal berhadapan dengan Leno. Bola dicungkil tapi sayang masih tertahan tiang gawang dan gol urung terjadi.

Di menit ke-77 Castro melepaskan umpan silang ke tiang dekat dan Stefan Kiessling sambil menjatuhkan badan menyundul bola. Valdes masih sigap dengan menangkap si kulit bundar.

Pada menit 83 Leno membuat penyelamatan gemilang ketika korner Thiago Alcantara menemui rekannya di kotak penalti dan bola hasil tandukan itu ditepis Leno. Bola rebound gagal digapai Sergio Busquets.

Messi akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-88. Messi memberi umpan terobosan kepada Alves dan kemudian diumpan balik ke kotak penalti, Messi sambil menjatuhkan diri menyepak bola ke dalam gawang.

Barca unggul 3-1 dan bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Leverkusen: Leno, Schwaab, Reinartz, Friedrich, Corluka (Da Costa 90'), Kadlec, Castro, Rolfes (Kiessling 76'), Bender, Augusto, Schurrle (Bellarabi 89')

Barcelona: Valdes, Alves, Puyol, Abidal, Fabregas, Iniesta (Thiago 60'), Mascherano, Busquets, Adriano (Pedro 69'), Sanchez (Cuenca 85'), Messi
Homepage: http://sport.detik.com/

0 komentar:

Posting Komentar