Duh! TKI di Malaysia Dikasih Makanan Sisa Binatang


Jakarta - Nasib naas kembali dialami Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Seorang TKI asal Malang Siti Aminah (29) mendapat perlakuan tidak manusiawi dari majikannya. Siti dipaksa bekerja tanpa istirahat, bahkan lebih tragis Siti diberi makanan sisa binatang.

"Sita tidak boleh keluar, tidak boleh berkomunikasi, tidur hanya 3 jam. Sehari-hari dikasih makan makanan sisa anjing," ujar Elly Anita yang mendampingi keluarga Siti saat dihubungi detikcom, Selasa (14/2/2012).

Menurut Elly, Siti berangkat ke Malaysia pada Oktober 2011 melalui jasa Atie. Sejak itu keluarga sudah tidak bisa menghubungi Siti. Atie yang coba dihubungi tidak pernah membalas pesan singkat dan telpon dari keluarga Siti.

Sekitar bulan Januari 2012 mulai ada titik terang mengenai kondisi Siti. Dari tempatnya bekerja kata Elly, Siti menulis surat yang secara kebetulan ditemukan oleh pekerja asal Indonesia. Selanjutnya surat itu discan dan dikirim ke email Alex ong. Alex aktif di Migrant Care Malaysia dan cukup dikenal oleh para pekerja Indonesia.

"Siti memberikan surat ke pekerja asal Indonesia, setelah itu diemail ke Alex," katanya.

Mendapat informasi itu lanjut Elly, Alex melapor ke Migrant Care di Indonesia. Setelah dilakukan penelusuran akhirnya ditemukan keluarga Siti di Malang, Jawa Timur.

"Kita sudah bertemu dengan keluarganya," tuturnya.

Menurut Elly, keluarga pada 7 Februari 2012 lalu sudah melaporkan kasus ini ke Mabes Polri. Setelah itu pada 9 Februari keluarga mendatangi Kementerian Luar Negeri. "Sampai saat ini kita masih belum dapat kabar dari pihak Kemenlu," ungkapnya.

Elly megaku tidak tahu apakah Siti mengalami penyiksaan oleh majikannya. Keluarga hanya berharap agar pemerintah bertindak cepat mengembalikan Siti ke Indonesia.

"Keluarga khawatir dengan keadaan Siti," tandasnya.
Homepage: http://news.detik.com/

0 komentar:

Posting Komentar